Home Profil Personil BERITA Panjar Baru di Tahun Baru

Panjar Baru di Tahun Baru

IMG 3178-01

 

Rembang | pa.rembang.go.id

Pagi ini (10/02) Ketua Pengadilan Agama (PA) Rembang, Drs. H. Qosim, SH. M.Si, bersama Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rembang, Dzulkarnain, SH.MH. menyelenggarakan kegiatan penandatangan Surat Keputusan Bersama.

 

Hal ini diadakan oleh Ketua PA Rembang dan PN Rembang bertujuan terkait penyamaan persepsi biaya panjar perkara yang harus dibayarkan oleh pihak Penggugat / Pemohon dalam berperkara saat mendaftarkan perkaranya baik di PN maupun PA Rembang.

Keputusan bersama merupakan tindak lanjut dari hasil temuan pemeriksaan kinerja dan integritas yang dilaksanakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI tanggal 2 - 5 Mei, yang salah satu tentang penyamaan persepsi komponen biaya penghitungan biaya panjar yang harus dibayarkan ke Pengadilan saat beracara perdata di peradilan.

IMG 3194-01

Keputusan bersama ini meliputi kesepakatan radius dan besar biaya yang harus ditanggung kepada Penggugat / Pemohon atas biaya perjalanan Jurusita dan Jurusita Pengganti. Persepsi tentang perhitungan panjar biaya yang lainya yang unsur meliputi biaya perjalanan jurusita, biaya proses dan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Acara penandatangan ini berlangsung di Ruang Sidang 2 Pengadilan Agama Rembang. Masing-masing Ketua menandatangi Surat Keputusan Bersama secara bergantian.

IMG 3195-01

 

Acara berlangsung sangat Khitmat dan Sederhana, dari PN Rembang dihadiri oleh Ketua, Panitera dan Panmud Hukum, sedangkan dari PA Rembang dihadiri oleh Ketua, Wakil, dan Sekretaris.

Mudah-mudahan dengan kesepakatan bersama ini akan membawa keterbukaan informasi dan akuntabilitas di lingkungan Pengadilan secara keseluruhan. (IQ)