Home BERITA Bedah Berkas Pengadilan Agama Rembang

Bedah Berkas Pengadilan Agama Rembang

BEDAH BERKAS PENGADILAN AGAMA REMBANG

Dipagi yang cerah dan sejuk hari Jum’at tanggal 25 Mei 2012 bertempat di rumah makan Mr.Green Blora, acara Pembinaan Pengadilan Agama dilingkungan PTA Semarang untuk Wilayah askor IV telah dilaksanakan kegiatan bedah berkas yang diikuti oleh tiga Pengadilan Agama yaitu Pengadilan Agama Pati, Rembang dan Blora sebagai tuan rumah, acara pembinaan yang dikemas dengan bedah berkas ini dimulai pukul 08.00 dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pencari keadilan dan sebagai penyempurna dalam proses tugas pokok dan fungsi Pengadilan, sekaligus sebagai evaluasi terhadap hukum acara dan administrasi persidangan;


Mewakili selaku tuan rumah Drs. H.Anis Fuadz,SH (Ketua Pengadilan Agama Rembang) dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Yang Mulia Bapak Drs. H. Mudjtahidin,SH.MH., Hakim Tinggi masing-masing Yth Bapak Drs.H. Djamhuri Ramadhan,SH dan Yth. Ibu Dra.Hj.Faizah serta Drs. Kurniawan Effendi Putra,SH. Selaku pejabat kepaniteraan PTA Semarang. juga para peserta bedah berkas yang terdiri dari semua Hakim dan pejabat kepaniteraan berjumlah 50 peserta yang kami hormati juga.

Lebih lanjut KPA Rembang menyampaikan bahwa kegiatan bedah berkas ini dilaksanakan dengan harapan ada hal-hal baru yang dapat memperbaiki tugas pokok dan fungsi pengadilan, meski beberapa waktu yang lalu kegiatan serupa yaitu bedah berkas pernah dilakukan di Pengadilan Agama Pati, sekarang ini mudah-mudahan dapat menyempurnakan tugas kita sebagai aparat Peradilan.

Dengan semangat para peserta yang tampak ceria dan dengan semangat reformasi birokrasi, kami mengajak semua peserta yang hadir setelah selesainya acara ini agar kita siap menerima perubahan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Selanjutnya mohon kepada Wakil Ketua PTA Semarang berkenan memberikan bimbingan dan membuka secara resmi acara bedah bekerkas ini.

 

Tepat pukul 08.30 Wib. Acara pembinaan yang dikemas dengan bedah berkas dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang Yth. Bapak Drs. H. Mudjtahidin,SH.MH., dalam sambutannya dan dengan gaya khasnya didukung dengan tempat yang representatif rumah makan Mr. Green Blora, beliau memberikan sambutan sambil berjalan menghampiri satu persatu peserta  dengan menyapa seraya mengatakan siapkah anda mengikiuti acara ini ? Fahamkah dengan kegian ini? Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa PTA bertekat mewujudkan transparansi reformasi birokrasi dengan tujuan memberikan motifasi sepanjang pejabat dan aparatnya mempunyai semangat yang tinggi berupaya meningkatkan diri di askornya masing-masing.

Harapan beliau, setiap satker agar selalu mengadakan diskusi eksaminasi berkas dari ketua satker yang bersangkutan agar tidak terjadi kesalahan dan kemrosotan.

Seusai membuka acara tersebut beliau berjabatan tangan sambil menghampiri semua peserta satu demi satu dengan genggaman tangan penuh harapan dan menyalami dengan salaman keakraban n persahabatan, seraya mengatakan peserta semuanya baik dan pintar-pintar.

 

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan bedah berkas dari masing-masing Pengadilan Agama dengan model seperti ini :

  1. Berkas PA Blora ditanggapi, diulas dan dikritisi oleh PA Pati;
  1. Berkas PA Pati ditanggapi, diulas dan dikritisi oleh PA Rembang;
  2. Berkas PA Rembang ditanggapi, diulas dan dikritisi oleh Blora Pati;

 - Tampil pada sesi pertama adalah PA Blora yang menanggapi berkas yang dibahas oleh PA Pati menyajikan berkas perkara Nomor 1210/Pdt.G/2011/PA.Bla, bertindak sebagai Penyaji Drs. Samarul Falah,MH dan Juru Bicara Drs. Sutiyo,SH

- Kemudian PA Pati yang menanggapi berkas yang dibahas oleh PA Rembang menyajikan berkas perkara Nomor 0552/Pdt.G/2011/PA.Pt. bertindak sebagai Penyaji Drs.Abdul Ghofur,MH dan Juru Bicara Drs. Yusuf,SH

- Pada sesi terakhir PA Rembang yang menanggapi berkas yang dibahas oleh PA Blora menyajikan berkas perkara Nomor 0254/Pdt.G/2011/PA.Rbg bertindak sebagai Penyaji Drs.Sukarno,SH dan Juru Bicara Drs. H.Tashin dan didukung oleh Peserta dari Pengadilan Agama Rembang antara lain :

  1. Drs. H. Anis Fuadz, SH.      Ketua
  2. Drs. Abdul Syukur, AS.        Wakil Ketua
  3. Drs. Sukarno,SH.                Hakim
  4. Drs. MA. Suhadi                   Hakim
  5. Drs.H.Abu Amar                   Hakim
  6. Drs.H.Tashin                        Hakim
  7. Drs.Ali Ahmadi.                    Hakim
  8. Drs.H.Maskur                       Panitera/Sekretaris
  9. Hensri Handayani,SH         Wakil Panitera
  10. Nur Ngafif,SH                       Panitera Muda Hukum
  11. H.Saerozi,SH.                       Panitera Muda Gugatan
  12. Kusnan,SH                           Panitera Muda Permohonan
  13. Kastari,SH                            Panitera Pengganti
  14. Mahmudi,S.Ag.                     Kasir
  15. Ali Imron,SH.                        Jurusita Pengganti

Para peserta sangat antusias, bersemangat dan terasa hidup antara penyaji dan para peserta lain yang hadir pada acara tersebut masing-masing mengajukan pendapat dan argumentasinya dan diakhiri dengan pendapat nara sumber dari Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Acara diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Drs. H.Muhakam Hakim Pengadilan Agama Blora.

(HM).